Situs Resmi SDIT Insan Kamil Majalengka
 
 

PENDIDIKAN ANAK DALAM ISLAM

    Alloh SWT berfirman : “ Hai orang-orang beriman peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka “ ( QS Attamrin : ), Rasululloh SAW bersabda : anak dilahirkan dalam keadaan fitrah, kedua orang tua lah yang menjadikan yahudi, nasrani atau majusi (HR. Bukhori), dari dalil-dalil diatas menunjukan betapa besarnya tanggung jawab orang tua terhadap pendidikan anak dan betapa pentingnya orang tua mendidik anak-anak.DSCF6871
Dalam mendidik anak tentu harus ada arah dan tujuan, di dalam islam pendidikan anak tidak hanya berorentasi kepada kehidupan dunia akan tetapi lebih dari pada itu bahwa orentasi pendidikan anak adalah kehidupan akhirat seperti dalam ayat diatas bahwa orang tua harus mengantarkan anak selamat dari api nereka.DSCF6869
Untuk menuju tujuan tersebut tentu ada teladan yang pantas kita teladani, yaitu orang yang sangat hebat dalam mendidik anaknya, saking hebatnya Alloh memberikan penghargaan dengan cara dicatat dalam kitab suci Al-qur’an, tiada lain dialah Luqman, ada beberapa hal yang ditanankan beliau kepada anaknya diantanya :
Pertama, menanamkan tauhid yang bersih, tauhid merupakan pondasi dalam agama islam, tauhid merupakan pengakuan seorang hamba kepada Alloh adalah Esa, tidak sekutu dalam Rububiyyah (ketuhanan), uluhiyyah (ibadah), dan dalam asma’ dan sifatnya.
Kedua,menanamkan anaknya agar berbuat baik kepada kedua orang tua, berbuat baik kepada orang tua adalah mentaati segala nasehat orang tua sepanjang orang tua menasehati hal-hal yang sesuai dengan agama islam akan tetapi jikalau orang tua ,mempunyai tauhid yang tidak sama dengan anaknya maka seorang anak harus menggauli kedua orang tua dengan pergaulan yang baik.

DSCF6766
Ketiga, menanamkan anak agar selalu berbuat baik, hal tersebut karena segala sesuatu yang dilakukan anak akan diperhitungkan dan akan dipertanggung jawabkan dihadapan  Alloh, segala perbuatan sekalipu itu kecil maka pasti ada balasannya.
Keempat, mendirikan shalat, shalat merupakan tiang agama, shalat merupakan penghapus dosa dan banyak sekali keutamaan-keutamaan shalat, maka mendirikan shalat harus terus dipupuk oleh orang tua semenjak kecil agar anak terbiasa mendirikannya.
Kelima, yang ditanamkan Luqman kepada anakna adalah tata cara bergaul dengan manusia yang baik diataranya menyuruh berbuat baik, mencegah kemunkaran dan selalu sabar dalam menghadapi segala cobaan serta selalu rendah hati.
Demikianlah beberapa tuntunan pendidikan anak dalam islam, hendaknya orang tua merealisasikan tuntunan-tuntunan tersebut dalam mendidik anak, dan para orang tua agar selalu bersabar dalam menuntun dan menasehati anak-anaknya karena  menjadikan anak yang soleh tidak akan instan, perlu perjuangan yang sangat ekstra, perlu waktu yang sangat panjang, perlu kesabaran yang sangat luar biasa.

DSCF6789

Pendidikan anak dalam islam tetap merupakan tanggung jawab orang tua sekalipun para orang tua telah memilihkan sekolah bagi anaknya yang mempunyai kwalitas yang sangat baik karena walw bagaimanapun kebersamaan anak dengan orang tua mempunyai porsi yang waktu yang lebih panjang dibandingkan dengan kebersamaan mereka disekolah atau di tempat pendidikan-pendidikan yang lain formal maupun no formal. Wallahu a’lam bishsawab.

 DSCF6783

Oleh : Ayep Jaenudin, S.Th.I

Februari 13, 2015 Kegiatan Sekolah No comments yet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top