Situs Resmi SDIT Insan Kamil Majalengka
 
 

MENGHADAPI TANTANGAN TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Pada era sekarang semua kehidupan kita sulit terlepas dari teknologi. Teknologi seperti bayangan dalam kehidupan seseorang, seandainya seseorang tertinggal handphone, maka ia akan merasa seperti kehilangan setengah dari dirinya. Oleh karenanya, teknologi sudah menjadi bagian bagi manusia modern saat ini, namun demikian meskipun kita hidup dalam dunia teknologi bukan berarti kita menjadi antipati akan tetapi kita harus mampu menghadapi teknologi dengan cara yang bijak.

????
Perkembangan teknologi pada zaman dahulu dan sekarang sangatlan berbeda. Menurut Marc Prensky, kita para orangtua dan guru, adalah para digital Immigrant, sementara anak-anak kita adalah para Digital Native.Digital Immigrant adalah mereka yang lahir sebelum perkembangan teknologi digital yang pesat. Sementara Digital Native adalah mereka yang lahir saat perkembangan digital begitu pesat.Seperti juga karakteristik immigran dalam konteks kewilayahan, maka para digital immigrantyang perlu melakukan penyesuaian diri terhadap perubahan situasi. Menjadi kurang bijak dan kurang realistis apabila para immigran yang menuntut dunia tetap seperti keinginannya atau memaksa para native mengikuti pola dan cara hidupnya.????
Saat ini tidak sedikt dari kita mengeluhkan dampak teknologi, misalnya bagi orangtua merasa sulit melepaskan kebiasaan anak – anaknya bermain gadget seperti games atau handphone, begitupun ketika seseorang yang mengeluhkan saat teman, orangtua atau pasangan lebih mementingkan gadget dibanding menjalin komunikasi dengan orang terdekat. Tidak sedikit dari kita menyalahkan gadget, games, youtube, twitter, facebook, internet, dll. ketika anak tidak mau belajar seperti cara belajar yang mereka lakukan dulu. Atau ketika anak tidak bermain dan bergaul seperti cara yang mereka lakukan dulu. Tapi sementara itu, para orangtua pun juga belum sepenuhnya paham mengenai teknologi digital dan belum cukup fleksibel memanfaatkannya.
Pernahkan kita selaku orangtua merasa kesulitan dalam mengikuti perkembangan teknologi, bahkan anak – anak saat ini jauh lebih pintar dan lebih handal dalam menggunakan teknologi. Akan tetapi penting bagi selaku orangtua untuk mengikuti perkembangan teknologi, hal ini merupakan salah satu cara mendekatkan kita dengan anak – anak kita yang berada dalam dunia teknologi tinggi saat ini. Bukanlah hal mudah bagi orangtua untuk melarang anak menggunakan kecanggihan teknologi saat ini seperti bermain games, internet, dll. Akan tetapi kita selaku orangtua berkewajiban untuk mengarahkan dan membimbing sehingga anak bisa bijak dalam menggunakan media teknologi.
Berikut ini beberapa hal yang dapat kita lakukan pada anak untuk menghadapi dunia teknologi saat ini
1. Mengajari anak untuk memilih mana yang baik dan buruk, benar dan salah.
2. Mengajari anak untuk membuat prioritas mana yang penting dan mana yang kurang penting.
3. Mengajari anak untuk membagi waktu dengan seimbang.
4. Mengajari anak untuk mengendalikan diri sehingga tidak bertindak reaktif.
5. Memberikan pilihan beragam cara untuk bermain, bersantai dan menghibur diri.
6. Mengajari bahwa ada banyak aspek dalam hidup ini yang juga perlu diperhatikan. Sosial, komunikasi, ibadah, kesehatan, dll.
7. Selalu meluangkan waktu bersama anak
8. Selaku orangtua kita pun harus update informasi dan melek teknologi, sehingga kita bisa mengikuti perkembangan anak saat ini.

Suatu hal yang sulit bagi orangtua untuk menghindarkan diri kita atau anak – anak kita dari teknologi, namun kita bisa mengupayakan dengan membentuk karakter anak sehingga mereka bisa siap dan bijak dalam menghadapi dunia teknologi saat ini.

Mei 19, 2015 Pendidikan No comments yet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top