Situs Resmi SDIT Insan Kamil Majalengka
 
 

masihkah kita peduli




Di pertengahan tahun ini, telah terjadi kebakaran hebat di hutan dan lahan-lahan gambut di beberapa wilayah Indonesia. Dengan karakteristik tanaman dan pohon yang mengalami kekeringan, di musim kemarau ini, ditambah fenomena El Nino berkepanjangan, mengakibatkan tanaman mudah terbakar. Data terakhir dari Kementerian Lingkungan Hidup, terdapat 1,7 Juta Hektar di diseluruh Indonesia yang mengalami kebakaran. Korban terdmapak asap ini menambah jumlah penderita ISPA baru sebanyak 307.360 jiwa di seluruh Indonesia (BPS, Kemnkes RI), dan mulai memakan korban jiwa yang meninggal dunia akibat gangguan pernafasan, sesak nafas, dan lain sebagainya
PKPU mengajak Perusahaan, Komunitas, dan Organisasi Bapak/Ibu untuk ikut serta memberikan doa dan donasi terbaiknya untuk saudara-saudara kita yang terkena bencana di masa tanggap darurat bencana ini.

asap7 (1)
Kepala BMKG stasiun Pekanbaru Sugarin mengatakan titik panas (hotspot) di Provinsi Riau, Selasa (29/9/2015) kembali terpantau nihil. Kondisi ini sudah berlangsung dalam beberapa hari belakangan. Namun, sejumlah kota di Riau masih diselimuti Kabut asap, tak terkecuali Pekanbaru. Bahkan jarak pandang Pekanbaru saat ini hanya 200 meter.Menurutnya saat ini kabut asap merupakan kiriman dari provinsi tetangga. Sebab angin bergerak dari Tengga ke Selatan dengan kecepatan 5 sampai 15 knots atau 9 sampai 29 km per jam.
“Hotspot di pulau Sumatera berjumlah sebanyak 190. Diantaranya 178, provinsi Sumatera Selatan, 11 di Jambi, dan satu di Bangka Belitung,” katanya.
Pantauan di lapangan, saat ini kualitas udara dalam kategori berbahaya dengan angka polusi mencapai 681 Psi.
Dampak kabut asap di Pekanbaru semakin mengkhawatirkan saja. Data yang berhasil dirangkum Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru sejak 29 Juni hingga 28 September 2015, jumlah penderita ISPA di Pekanbaru mencapai 7.371 orang. Data tersebut dirangkum dari 20 Puskesmas yang ada di Pekanbaru.

asap.1 (1)

Hal ini disampaikan Kepala Seksi Surveilans, Penyakit dan Pengendalian KB Diskes Kota Pekanbaru Hamdan kepada wartawan. Ia mengatakan tidak hanya ISPA yang sudah menyerang warga, penyakit lain seperti Asma, Pnemonia, Iritasi mata, Iritasi Kulit, dan diare sudah mulai menyerang warga.

asap9 (1)
294 “Selain ISPA sebanyak 174 warga terkena Asma, 98 Pnemonia, 164 Iritasi mata, 288 iritasi Kulit, diare, dan total dari semuanya mencapai 8389,” ujarnya.

November 12, 2015 Kegiatan Sekolah
No comments yet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top