Situs Resmi SDIT Insan Kamil Majalengka
 
 

LAZIS PEDULI BANJARNEGARA

Sobat IK Tahu tidak, LAZIS Darut Taqwa bersama dengan PKPU Lembaga Kemanusiaan nasional menggalakan bantuan kepada korban bencana Alam Banjarnegara, Akibat hujan deras, kondisi tanah yang labil dan lokasi kejadian yang berbukit (di Gunung Lakalele) menyebabkan longsor terjadi pada jumat 12 Desember 2014. BPBD setempat sudah melakukan pendataandan proses evakuasi yang dibantu oleh Basarnas, TNI/POLRI, Tagana, masyarakat dan relawan gabungan dari berbagai LSM. Kementerian PU telah mengerahkan 10 alat berat, dimana sejak kemarin beberapa material longsor yang menutup jalan. Sekitar 1.250 personil tim gabungan dari Tim Reaksi Cepat BNPB, BPBD, TNI, Polri, Basarnas, PMI, Tagana, SKPD, NGO, relawan dan masyarakat membantu melakukan pencarian korban.

Proses evakuasi terakhir pada Minggu, 14 Desember 2014 telah berhasil mengidentifikasi 39 jiwa meninggal dunia longsor, laki – laki 30, perempuan 9. Selain itu terdapat korban luka berat 5 orang, lukaringan 9 orang. Kemungkinan masih ada 50 – 60 jiwa lagi yang belum di evakuasi. Kondisi tanah masih sangat labil, bahkan terlihat rekahan – rekahan baru yang disinyalir menjadi ancaman. Data terkait dengan terdapat 47 titik pengungsian dengan 2031 jiwa. Beberapa pengungsian berada di ruma hwarga, tetapi titik pengungsian terbesarada di kecamatan dan kelurahan setempat.

Oleh karenanya, Aksi Tanggap Bencana ini meliputi evakuasi korban bencana, pendirian dapur air, pemenuhan logistik populasi rentan (ibu menyusui dan balita, penyediaan serambi nyaman, trauma hilang untuk mengurangi atau menghindari PTSD (Post Traumatic Syndrom Disorder).

Sampai dengan saat ini LAZIS bekerjasama dengan Lembaga Kemanusiaan PKPU telah melakukan respon darurat, dengan mengerahkan relawan-relawan lokal yang ada disekitar lokasi bencana untuk melakukan asessment.

Hari Jumat (12 Desember 2014), Indra (Rescue PKPU) telah sampai di Banjarnegara untuk melakukan koordinasi dan aksi lanjutan membantu korban bencana Longsor.

Dalam rangkaian aksi Peduli Bencana Longsor ini, beberapa kegiatan yang akan diinisiasi diantaranya :

  1. Evakuasi Korban
  2. Dapur air dan bantuan logistik
  3. Serambi Nyaman
  4. Trauma Healing

 

Ini merupakan sebuah kesempatan yang sangat berharga dalam pengurangan dampak bencana. Kerjasama ini diharapkan juga dapat membantu pengurangan burden masyarakat di wilayah lokasi bencana. Untuk mencapai hasil yang optimal dalam membantu para korban dan pengungsi bencana, kami berharap Bapak berkenan memberikan kepercayaan kepada lembaga kami untuk tetap terus dalam membantu sesama dengan program –program yang telah di galakan. Berikut beberapa dokumentasi yang bisa di ambil :

unnamed (1)

Evakuasi korban bencana

 

unnamed (2)

unnamed (4)

Relawan Melakukan Evakuasi Korban bencana

unnamed (5)

Proses Evakuasi

unnamed (6)

unnamed (9)

medan yang sulit tidak menyurutkan semangat para relawan

unnamed (10)

unnamed (11)

unnamed (12)

unnamed (13)

dampak kerusakan bencana tanah longsong begitu besar

unnamed (14)

Berifing evakuasi bencana

  unnamed (15)

unnamed (16)

unnamed (17)

unnamed (18)

Posko Pengobatan Gratis bagi korban bencana tanah longsor banjarnegara

unnamed

 

Januari 3, 2015 Kegiatan Sekolah No comments yet


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Top