DAYCARE INSAN KAMIL

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) telah menjadi perhatian dunia internasional. Berbagai program pun digulirkan sebagai suatu usaha memperluas akses dan peningkatan pelayanan terhadap anak-anak usia dini baik secara formal maupun non formal. Salah satubentuk layanan PAUD pada jalur non formal adalah Taman Penitipan Anak (TPA) atau Day Care. TPA merupakan wahana kesejahteraan yang berfungsi sebagai pengganti keluarga untuk jangka waktu tertentu bagi anak yang orang tuanya bekerja. TPA ini menyelenggarakan program pendidikan sekaligus pengasuhan terhadap anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun (dengan prioritas anak usia enam tahun ke bawah) (Depdiknas, 2006).

Secara eksternal program pengasuhan anak (Day Care/Tempat Penitipan Anak) diperlukan untuk memberikan layanan kepada masyarakat secara luas. Hal ini terkait dengan semakin banyaknya wanita atau ibu yang tidak hanya berfungsi sebagai pendamping suami dan pengasuh anak dalam keluarga tetapi juga berfungsi sebagai pencari nafkah. Data statistik menunjukkan bahwa pada tahun 2000 terdapat 101,6 juta angkatan kerja dan 40% di antaranya (40,6 juta) adalah para angkatan kerja wanita (BPS: 2000).  Data hasil survey angkatan kerja nasional (SAKERNAS) tahun 2001 menunjukkan jumlah wanita bekerja tiap tahun bertambah 1,18%. Hal ini berakibat negatif terhadap layanan pendidikan, pengasuhan dan perawatan  yang seharusnya diperoleh anak dari keluarga dalam hal ini orang tua. Apabila kedua orang tua sama-sama bekerja maka fungsi pelayanan, pengasuhan dan pendidikan anak secara otomatis akan berkurang. Kondisi demikian tentu saja berdampak buruk terhadap proses tumbuh kembang anak.

Berdasarkan paparan di atas, Day Care/TPA memiliki posisi yang sangat strategis dalam upaya memberikan program layanan bagi anak usia dini baik layanan pengasuhan, perawatan/pemeliharaan, pembinaan, maupun layanan pendidikan. Program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dan manfaat positif bagi masyarakat internal UPI maupun masyarakat secara luas.

 

Oleh karna itu keberadaan Daycare Insan kamil Majalengka ini diharapkan dapat menjadi basis dalam membentuk SDM berkualitas dalam berbagai segmen dengan nilai keislaman yang komprehensif dan terpadu sehingga pada akhirnya akan muncul generasi dambaan bangsa yang memiliki aqidah yang benar, kerpibadian dan akhlak yang baik, akal yang cerdas, fisik yang kuat, serta berwawasan Qur’ani.

 

  1. MAKSUD DAN TUJUAN

Dalam mewujudkan harapan tersebut tentunya dibutuhkan berbagai dukungan dan kontribusi dari berbagai pihak, baik moril maupun materil. Baik pribadi ataupun kolektif, swasta maupun pemerintah. Dengan demikian akan terwujud suatu kerjasama yang sinergis, saling menopang dan  mengokohkan demi terwujudnya cita-cita bersama itu.

 

Dengan demikian dalam upaya kegiatan pelayanan, pengasuhan dan pendidikan anak di Dayacare Insan Kamil Majalengka. Sebagai langkah lanjutan mewujudkan cita-cita kami dan cita-cita kita bersama dalam mewujudkan masyarakat Majalengka, khususnya dan Jawa Barat pada umunya menjadi masyarakat yang mulia dan berakhlakul karimah. Dan harapan terakhir adalah adanya nashrulloh sebagai tumpuan utama setelah kita membuat perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi disertai do’a dan tawakal mengharapkan keridhoan-Nya.

Tujuan

  1. Tujuan Umum

Secara umum Day Care bertujuan untuk memfasilitasi tumbuh kembang anak batita (0 – 3 tahun) dan anak usia 3 – 6 tahun dalam lingkungan yang kondusif dan nyaman (homy) melalui pengasuhan, perawatan, dan bimbingan dalam proses sosialisasi dan pendidikan.

  1. Tujuan Khusus

Secara khusus program ini bertujuan sebagai berikut:

  1. Menyediakan kesempatan bagi anak untuk memperoleh kelengkapan asuhan, rawatan, pembinaan dan pendidikan yang baik sehingga dapat terjamin kelangsungan hidup, tumbuh kembang, perlindungan dan partisipasi bagi anak;
  2. Menghindarkan anak dari kemungkinan memperoleh tindakan kekerasan atau tindakan lain yang akan mengganggu atau mempengaruhi kelangsungan hidup dan tumbuh kembang anak serta pembentukan kepribadiannya;
  3. Membantu orang tua/keluarga dalam memantapkan fungsi keluarga, khususnya dalam melaksanakan pembinaan kesejahteraan anak di dalam dan di luar keluarga. Dengan demikian lembaga pelayanan ini merupakan upaya preventif dalam menghadapi keterlantaran melalui asuhan, perawatan, pendidikan dan bimbingan bagi anak usia dini.

 

fasilitas yang dimiliki Daycare Insan Kamil di antaranya :

  • Permainan Edukasi Anak
  • Alat pembelajaran Anak
  • Ruangan Ber -Ac
  • Guru  Yang berkompeten
  • Suasana Yang Kondusif

WhatsApp Image 2017-06-26 at 07.47.54       poto sekolah yang kondisif untuk perkembangan potensi anak

WhatsApp Image 2017-06-26 at 13.44.10 WhatsApp Image 2017-06-26 at 13.43.46 WhatsApp Image 2017-06-26 at 13.43.37 WhatsApp Image 2017-06-26 at 13.43.02 WhatsApp Image 2017-06-26 at 13.42.33

 

Fasilitas lengkap Yang dimiliki :

WhatsApp Image 2017-07-31 at 11.57.06 WhatsApp Image 2017-07-31 at 11.57.07 WhatsApp Image 2017-07-31 at 11.57.08 WhatsApp Image 2017-07-31 at 11.57.22 WhatsApp Image 2017-07-31 at 11.57.24 WhatsApp Image 2017-07-31 at 11.57.50 WhatsApp Image 2017-07-31 at 11.57.51


Top